Sukasebar

Suka menyebarkan info yang tidak terlalu penting untuk dibaca

Hati-hati dengan berita-berita fitnah dan bohong di internet

Damar Zaky, 6/22/2014, 1 comment

Di zaman sekarang ini internet sudah menjadi seperti kebutuhan primer, dan hampir semua orang sekarang menggunakan internet sebagai sarana social networking atau jejaring sosial. Di jejaring sosial, tidak selalu interaksi antar orang yang dikenal, tetapi juga sering yang tidak dikenal. Akhir-akhir ini saya melihat banyak sekali berita yang tidak berdasar di internet ini, banyak sekali berita yang hanya ditulis untuk mengekspresikan kebencian terhadap tokoh besar yang tidak disukai oleh si penulis, biasanya si penulis memfitnah mereka dengan banyak cara, yang sering saya jumpai sekarang ini adalah tokoh-tokoh besar yang sedang bersaing.

Misalnya pemain bola atau politikus, orang yang menyukai salah satu tokoh besar itu dan membenci lawanya, maka dia akan membuat berita-berita tak berdasar dan hanya fitnah belaka. Meski anda mungkin melihat berita itu berada di website yang tampilanya seperti website news yang profesional, tetapi jangan langsung percaya, mungkin kalo anda memang ingin tahu kebenaranya, anda bisa menelusuri tentang hal itu lebih lanjut di mesin pencari. Tidak hanya kebencian, hati-hati juga dengan berita-berita yang berhubungan dengan agama. Misalnya di Indonesia ini banyak sekali website yang seperti website Islami profesional, padahal terkadang isinya berita palsu dan fitnah.

Cara mengetahui berita palsu atau bukan

1. Telusuri berita yang sama di mesin pencari
Telusurilah apabila anda memang ingin mengetahui kebenaran dari berita itu. Ceklah berita-berita itu di website-website yang berbeda, dan cek juga perbedaan tulisan antara website satu dan website lainya, apakah hanya copy paste atau bukan.

2. Cek bagian komentar dibawah
Biasanya apabila berita itu palsu, ada atau bahkan banyak orang yang berkomentar negatif terhadap artikel itu, ada yang mengkoreksi, mengkritik tapi ada juga yang hanya berterimakasih. Tetapi jangan langsung percaya juga dengan komentar, bisa saja komentar itu juga yang salah.

Saya disini hanya menulis opini, bukanlah fakta, anda tidak harus percaya dengan kebenaran artikel ini juga, bukan berarti semua artikel yang ada di internet itu palsu, tetapi tetaplah waspada, jangan langsung percaya, ceklah semua berita itu apabila anda memang ingin tahu kebenaranya. Berita itu harus memiliki sumber.

Demikianlah artikel "Hati-hati dengan berita-berita fitnah dan bohong di internet". Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya!, bila anda memiliki pertanyaan ataupun saran, silahkan tuliskan pertanyaan anda di formulir komentar dibawah ini, saya akan menjawabnya semampu saya :)
1 comment Add a comment
Obat Benjolan Di Perut
Saya sangat senang dapat berkunjung ke blog anda... Thanks...
Reply Delete

Berkomentarlah dengan sopan, dilarang tebar link sembarangan, sara atau spam!

Cancel Reply
GetID
-->