Sukasebar

Suka menyebarkan info yang tidak terlalu penting untuk dibaca

Niatnya berbuka puasa bersama, tetapi malah seperti ini

Damar Zaky, 7/03/2014, 1 comment

Di bulan ramadhan, ada acara khusus yang sering kaum muslimin adakan, yakni bukbar atau "buka bareng". Buka bareng yang berarti buka bersama-sama, biasanya dilakukan dengan komunitas-komunitas tertentu, atau bersama teman-teman dekat. Biasanya orang melaksanakan kegiatan ini adalah untuk sarana sosialisasi, seperti reuni atau perayaan. Sebenarnya buka bersama ini ada bagusnya dan juga ada tidaknya, tergantung bagaimana cara orang melaksanakanya. Yang saya bahas disini adalah buka bersama yang diadakan di restoran atau tempat-tempat yang jauh dari rumah. Umumnya yang melakukan ini adalah mahasiswa atau anak-anak smp-sma.

Yang temukan adalah banyaknya orang yang melakukan hal buruk ini saat buka puasa bersama, yakni lalai shalat. Memang baik berbuka sambil bersilaturahmi, tetapi sayangnya banyak orang yang melantarkan atau melupakan shalat setelah berbuka bersama, mereka biasanya malah larut dalam percakapan dengan teman-temannya. Banyak yang beralasan lupa, tetapi banyak yang sengaja melakukanya, dan beralasan "ya mau gimana lagi?, susah cari tempat shalat, lagian juga temen-temen pada nggak, jadi ya terpaksa saya juga ikutin temen", nah jawaban itu jelas-jelas salah, apalagi apabila semua temanya juga menjawab seperti itu, itu artinya kan mereka saling berketergantungan?. Banyak sekali yang saat bergegas untuk berangkat ke tempat tujuan berbuka bersama sudah tahu bahwa dia tidak akan shalat tepat waktu, tetapi tetap saja sengaja dilakukan. Yaah ini opini semata aja sih, cuma ngasih tahu saja, karena mungkin saja anda pernah mengalami hal ini atau malah anda masih sering melakukan hal ini. Saran saya apabila berbuka puasa bersama, usahakanlah ketahui dulu tempatnya bagaimana, lalu berinisiatiflah dengan mengajak teman-teman anda untuk shalat sebelum menyantap makanan, karena umumnya di restoran Indonesia kan ada musholanya...
Demikianlah artikel "Niatnya berbuka puasa bersama, tetapi malah seperti ini". Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya!, bila anda memiliki pertanyaan ataupun saran, silahkan tuliskan pertanyaan anda di formulir komentar dibawah ini, saya akan menjawabnya semampu saya :)
Next Posting Lama
1 comment Add a comment
Hafiz
bolehlah mas di share templatenya :D
Reply Delete

Berkomentarlah dengan sopan, dilarang tebar link sembarangan, sara atau spam!

Cancel Reply
GetID
-->