Sukasebar

Suka menyebarkan info yang tidak terlalu penting untuk dibaca

Mendengarkan kembali musik, dan mengingat sesuatu di masa lalu

Damar Zaky, 6/20/2014, 1 comment

Artikel yang kali ini adalah artikel yang memang sebenarnya saya buat karena penasaran juga. Musik adalah sesuatu yang sangat sering didengarkan oleh orang, baik yang masih muda maupun tua. Tapi sebenarnya ada hal yang sangat membuat saya penasaran, misalnya suatu waktu di zaman dulu, anda pernah memutar musik berulang kali, nah lalu setelah waktu itu anda jarang memutarnya bahkan tidak pernah lagi, lalu 2 tahun kemudian anda mendengar musik itu lagi diputar diradio, saat mendengar kita tiba-tiba bernostalgia, tidak jarang orang berkata "waduh mendengar musik ini kayaknya saya jadi ingat sesuatu nih", tapi memang benar, saat musik itu diputar kembali, kita tiba-tiba mengingat masa-masa ketika musik itu dulu pernah kita putar atau dengar di saat-saat tertentu.

Hal ini adalah hal yang cukup unik bagi saya. Itu artinya tidak hanya otak yang bisa mencatat dan mengingat-ngingat, tetapi sebenarnya dengan bantuan semua panca indra, anda bisa mengingat hal-hal saat panca indra itu digunakan. Kalau dipikir-pikir memang benar juga, misalnya kita menghafal sesuatu dengan cara baca, baca berarti melihat, lalu ditransfer ke otak lalu ingat. Atau misalnya guru menerangkan kita sesuatu, kita mendengarkanya, lalu ditransfer ke otak. Tetapi dalam hal mendengar musik itu agak lain, kombinasi yang awalnya misalnya mata lalu otak, kalo musik bisa 3 atau lebih misalnya, kita mendengar musik sambil belajar, yang diderita adalah musik yang diputar lalu didengar lalu ke otak sekaligus tulisan lalu mata lalu otak. Maka dari itu dengan mendengar musik bisa membuat kita lebih mudah mengingat. Tetapi memang sempat terpikirkan juga, apabila kita memutar musik itu secara terus menerus, pasti kita ingat banyak hal, tetapi berarti musik itu satu tetapi bisa mengingat banyak hal, hanya saja apabila seperti itu ruang lingkup pengingatan akan terlalu luas, dan akhirnya apabila musik itu diputar kembali hal yang diingat akan banyak tetapi tidak teratur dan kita akan semakin lama dalam mengingat kembali. Maka dari itu saran saya, putarlah musik yang berbeda, cobalah banyak musik, jangan monoton hanya mendengarkan musik yang sama dan lagu yang sama, minimal sebulan setengah sekali ada musik yang baru lah.

Intinya manfaatkanlah musik untuk mengingat sesuatu, dan cobalah untuk mendengar lagu-lagu yang baru, tidak hanya memutar yang lama-lama secara terus menerus, agar pengingatan lebih mikro.
Demikianlah artikel "Mendengarkan kembali musik, dan mengingat sesuatu di masa lalu". Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya!, bila anda memiliki pertanyaan ataupun saran, silahkan tuliskan pertanyaan anda di formulir komentar dibawah ini, saya akan menjawabnya semampu saya :)
1 comment Add a comment

Berkomentarlah dengan sopan, dilarang tebar link sembarangan, sara atau spam!

Cancel Reply
GetID
-->